Friday 10 July 2015

Kenapa Kamu Mesti Ikut Lembaga Dakwah Kampus?

Setidaknya ada 10 poin yang bisa kami tuliskan tentang kenapa kamu mesti ikut LDK, poin-poin itu adalah sebagai berikut:
Belajar Sosialisasi
Ini adalah keuntungan yang biasanya akan selalu kamu dapatkan saat bergabung dengan komunitas atau organisasi apapun. Namun di LDK kamu akan mendapatkan atmosfer positif untuk berkarya dengan niat untuk Allah semata, sehingga kerjanya murni dari maksud yang lain. Sosialisas juga membantu kamu untuk dapat menambah teman atau relasi. Lebih dari sekadar teman, di LDK bisa didapat sahabat yang sholeh dan sholehah.
Punya "Keluarga" Baru
Kalau kamu coba tanya ke teman-teman yang lebih dahulu ikut di LDK maka mereka akan bilang kalau LDK itu keluarga kedua. Nah, di LDK hubungan lebih dari pertemanan, di LDK kita adalah saudara. Karena Rasulullah pernah bilang kalau muslim itu bersaudara seperti satu anggota tubuh yang jika sakit satu, semuanya ikut merasakan.
Berbagi Keterampilan yang Beragam
Kalau ada yang bilang di rohis atau LDK cuma belajar baca Qur'an dan belajar Islam. Teman-teman di LDK juga punya banyak keahlian. Dimulai dari seni hingga teknologi. Mau belajar jurnalistik? Bisa. Desain grafis, video bahkan wirausaha. Bisa.
Soft Skill
Soft skill secara sederhana bisa diartikan kemampuan nalar dan mental yang harus dipelajari untuk dapat bertahan di kampus, terutama kehidupan pascakampus. Untuk soft skill ini sepertinya tidak usah dijelaskan lebih panjang lagi kan.
Kemampuan Organisasi
Karena LDK juga organisasi jadi kamu bisa mempraktekan ilmu organisasi yang telah kamu pelajari di sini. LDK juga memiliki struktur keanggotaan dan kepanitiaan. Mengangkat acara-acara besar dan menarik hingga kerja-kerja rutin yang akan menunjukkan eksistensi dari LDK itu sendiri.
Berpedoman kepada Al Qur'an
Al Qur'an adalah pedoman hidup, benar? Tapi banyak juga yang malas untuk mempelajarinya, barangkali memang tidak punya semangat atau bahkan tidak ada forum tempat belajar. Nah, di LDK belajar Qur'an itu wajib. Ada ilmu tahsin, tahfidz, tafsir, tadabbur yang penting untuk mempelajari Al Qur'an.
Pelengkap dan Follow Up Pelajaran Agama
Di kampus, belajar agama hanya 1 matkul yang biasanya 2 sks, sementara agama adalah tuntunan hidup. Nah, di LDK kita belajar lebih banyak lagi. Belajar Islam dengan cara-cara yang unik dan menarik.
Punya Jaringan Daerah, Regional dan Nasional
LDK punya jaringan nasional yang setiap tahun melakukan agenda rutin, namanya Forum Silaturrahmi Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK).
Mengasah Jiwa Sosial
LDK biasanya punya rutinitas untuk melakukan bakti sosial, mengisi momen-momen ramadhan dan penggalangan dana.
Terbiasa Tawazun antara Dunia dan Akhirat
Tawazun adalah seimbang. Di samping kita belajar tentang ilmu yang kita tuntut di kampus, LDK adalah wadah untuk kita mendekatkan diri kepada Allah. Bertemu saudara seiman yang sama-sama ingin menjadi insan beriman lagi bertakwa. Sembari belajar Islam kita juga menyiarkannya kepada orang lain. Berbagi manfaat dan mengajak kepada kebenaran.

0 komentar:

Post a Comment